FITRA SAMBUT HARI KETERBUKAAN DATA INTERNASIONAL ___

FITRA SAMBUT HARI KETERBUKAAN DATA INTERNASIONAL ___

Oleh: Seknas Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran

JAKARTA, fitrasukabumi.org Untuk memperingati Open Data Day (ODD) Internasional 2019 yang jatuh pada tanggal 2 Maret 2019, Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas FITRA) bekerja sama dengan Kementerian Keuangan RI melakukan penelitian akses data anggaran di kantor Seknas FITRA. Krisna Murti dari Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan RI turut hadir sebagai salah satu narasumber acara tersebut. Peserta yang terdiri dari perwakilan mahasiswa, anggota Komisi Pemberantas Korupsi, dan juga LSM di Jakarta turut berpartisipasi.

Sekjen FITRA, Misbah Hasan, “Kita sebagai penduduk Indonesia harus peduli terhadap anggaran negara karena ini (baca: angaran) juga milik kita bersama.” Data yang dibutuhkan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, dunia kampus, atau LSM (Lembaga Non Pemerintah) dalam melakukan analisis anggaran untuk memperkaya penilaian atau advokasi.

 

Sementara itu, Krisna Mukti mewakili Kementerian Keuangan RI selaku mitra yang ikut menjadi penyelenggara acara yang mendukung “Ini (ODD) merupakan bentuk persetujuan anggaran, kita bisa mengakses data ini untuk melihat kira-kira pemerintah memiliki kegiatan apa, data yang menyediakan apa, bentuknya apa, sesuai keinginan yang diajukan , jika yang termasuk data terbuka bentuknya adalah excel, jadi data tersebut gampang dibuka kemudian diolah kembali dengan excel atau dalam program apa pun untuk membuat tinjauan, datanya tentu juga perlu dari sumber yang baik. “

“Open Data Day sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2017, Indonesia baru bergabung di tahun ini. FITRA tentu saja sangat menyenangkan dan dapat menjadi tuan rumah Open Data Day Indonesia pada 2019 dengan bekerja bersama-sama Kementerian Keuangan. Beberapa negara lain juga mengadakan ODD di Meksiko, Chili, Kolombia, Argentina, Afrika Selatan, Uruguay, dan Mexico City. Sehari penuh publik serentak Lengkap data dan mengolahnya. Acara ini dapat menjadi momentum bagi masyarakat untuk peduli terhadap data anggaran yang telah dibuka pemerintah melalui portal online, hal ini tentu saja dapat meningkatkan kualitas data anggaran masyarakat. Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan verifikasi data secara langsung untuk meng-counter tipuan atau berita bohong yang kian populer menggejala ”, ujar Betta Anugrah, Ketua Pelaksana ODD.

OpenDataDay FITRA

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply