FITRA Sebut Ada Potensi Manipulasi Pada Anggaran BKPSM Kota Sukabumi TA 2018

FITRA Sebut Ada Potensi Manipulasi Pada Anggaran BKPSM Kota Sukabumi TA 2018

 

Total Belanja Makan Minum Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Sukabumi, APBD Tahun Anggaran 2018. | Sumber Foto: Istimewa

 

SUKABUMIUPDATE.com – Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Sukabumi, menilai ada potensi manipulasi Belanja Makanan dan Minuman Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kota Sukabumi tahun anggaran 2018.
Direktur FITRA, AA Hasan menjelaskan potensi manipulasi yang terdapat pada belanja makan minum di enam program dari BKPSDM Kota Sukabumi yaitu program pelayanan administrasi perkantoran, program pembinaan dan pengembangan aparatur, program pendidikan kedinasan, program peningkatan sumber daya daya aparatur, program peningkatan sumber daya , dan program perencanana dan penganggaran.

Indikasi manipulasi dan kejanggalan ada pada program pembinaan dan pengembangan aparatur dan juga program Peningkatan kapasitas sumber daya aparatur. Ini harus dipertanyakan lebih spesifik lagi, semua kita melihat dua program itu sama-sama saja, ”ungkapnya kepada sukabumiupdate.com , Minggu (3/2/2019).
Selain itu, program empat dari enam, tertulis tentang belanja makanan dan minuman tamu. Apa pun yang dimaksud dengan manipulasi. Biasa kompilasi tamu itu datang ke kantor BKPSDM lalu ada anggaran untuk tamu itu dan dituliskan dalam laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) itu yang benar.
“Kalau memang ada yang ada dan terdata, tapi kalau ada yang tidak punya tamu atau kita tidak tahu siapa, siapa saja, biasanya mereka (Pemda) bisa saja melaporkan itu padahal tidak ada tamu nyatanya,” paparnya.

Hasan berharap, untuk semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Pemda Kota Sukabumi, dapat melaporkan LKPD sejujur-jujurnya dan apa adanya, tanpa ada manipulasi data atau ada kemungkinan penggabungan dana.

“Itu kan APBD dari uang rakyat, mereka diberi amanah oleh kita, maka kita punya hak mempertanyakan mereka dan pertanggungjawaban mereka dalam menggunakan dan mengelola uang kita agar bisa efektif manfaatnya diterima oleh masyarakat. FITRA akan terus mendorong keterbukaan dan tranpasaransi APBD ini, sekarang kita konsen di BKPSDM Kota Sukabumi dulu, selanjutnya kita akan merilis data anggaran SKPD lainnya, ”pungkasnya.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply